Senin, 15 Agustus 2016

Storage Device – Storage I/O ( Modem , NIC )





Storage device adalah media penyimpanan data pada komputer yang bersifat permanen. media penyimpanan juga berkembang sangat pesat sehingga baik ukuran, bentuk dan modelnya juga bervariasi Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Beda loh dengan media storage.

Primary storage adalah memory yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan program sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika komputer atau aliran listrik dimatikan, maka data dan program di RAM akan hilang (volatile).
External storage  adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Kelemahan dari memori utama adalah tidak dapat menyimpan data yang permanen dan kapasitas penyimpanannya terbatas, sehingga diciptakan memori sekunder. Contoh External storage :
1.      Floppy Disk Drive yaitu perangkat penyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B”
2.      NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data, memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori.
3.      Flash Disk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus).
4.      USB Flask Drive digunakan Untuk penyimpan data biasa, sumber tenaga diambil langsung melalui USB yang dikoneksi ke PC.
5.      Hard disk merupakan komponen utama dari PC untuk sistem operasi. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan.
6.      CD ROM adalah salah satu versi CD yang bersifat read only dan mempunyai kapasitas rekamnya antara 650 Mb sampai 700Mb. CD ROM merupakan media penyimpanan yang removable multiguna untuk data, audio atau video.
7.      DVD (Digital Versatile Disk) adalah disk media optik yang digunakan menyimpan data digital dalam jumlah yang besar seperti musik dan film .

Perangkat eksternal yang dihubungkan modul I/O seringkali disebut perangkat peripheral, atau untuk mudahnya disebut peripheral.
Link digunakan untuk pertukaran kontrol, status, dan data antara modul I/O sering kali disebut sebagai perangkat peripheral, atau untuk mudahnya disebut peripheral.
Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi 3 katagori :
1. Human Readable
    yaitu perangkat yang berhubungan dengan manusia sebagai pengguna komputer.
    Cocok untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer.
    Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive.
2. Machine readable
    yaitu perangkat yang berhubungan dengan peralatan. Biasanya berupa modul sensor
    dan tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan atausistem.
    cocok untuk berkomunikasi dengan peralatan.
3. Communication
   yatu perangkat yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.Misalnya: NIC dan
   modem. cocok untuk berkomunikasi dengan perangkat jarak jauh.

Perangkat eksternal dapat dipasang melalui saluran, port, atau colokan tertentu. Pada komputer PC, saluran ini biasanya adalah saluran serial, saluran paralel, saluran USB, dan saluran PCMCIA. Dalam beberapa aplikasi, misalnya untuk menggabungkan dengan telepon seluler, dapat juga digunakan saluran inframerah (IrDA).
Tujuan Communication Synchronization adalah agar data yang dikirimkan dapat dimengerti oleh penerima dengan tepat dan benar.
Fungsi sinkronisasi:
• Agar penerima mengetahui dengan tepat dan benar apakah sinyal yang diterima merupakan bit dari suatu data (sinkronisasi bit).
• Agar penerima mengetahui dengan tepat bit data (data bit) yang membentuk sebuah karakter (sinkronisasi karakter).

·         Port komputer hardware berfungsi sebagai antarmuka sebuah komputer dengan komputer atau device lain.
·         Port serial mengirim dan menerima data 1 bit pada saat melalui kabel tunggal. Digunakan antara lain : LCD
·         Port Paralel dapat mengirim dan menerima sejumlah bit data pada satu saat melalui satu set kabel.
·         Universal Serial BUS merupakan pengembangan dari port serial. plug and play, dirancang tidak bergantung kepada expansion slot, bila dipasang copot, tidak perlu me-reboot komputer.
·         USB hub dapat menampung sejumlah device  juga dapat menampung sejumlah USB hub.



Modem adalah gabungan dari Modulator Demodulator. Modem adalah alat komunikasi dua arah. Contoh perangkat yang menggunakan modem ialah VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.

NIC (Network Interface Card) media untuk menghubungkan antar computer. Didalam Suatu workstation ini pun tidak dapat dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menanganinetwork protocol yang dikenaldengan Network Interface Card (NIC).
Fungsi Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan Network Interface card (NIC) memiliki dua fungsi utama yaitu :
 Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.




sumber :


http://arifdba.blogspot.co.id/2013/07/storage-device-dan-contohnya.html


http://banjirochiko.blogspot.co.id/2014/09/perangkat-eksternal-peripheral.html

http://www.teorikomputer.com/2012/08/storage-device.html







Biodata Diri :
Nama               : Rama Dani A
Sekolah           : SMK Islam 1 Kota Blitar
Facebook         : http://www.m.facebook.com/ramainthe