Jumat, 13 Januari 2017

Pengertian Fungsi Pemrograman Dasar











1. Pengertian Fungsi dalam Pemograman C++ :

     Dalam pemrograman C++ harus memiliki fungsi (funtion), minimal satu fungsi yaitu fungsi main(). Semua contoh program yang telah dibahas sebelumnya, hanya memiliki satu fungsi yaitu fungsi main(). Dalam C++, program merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi, baik itu fungsi yang didefenisikan secara langsung dalam program maupun fungsi yang disimpan dalam suatu file header. C++ mempunyai fungsi utama yang disebut fungsi main ( ). Fungsi utama selalu ada dalam setiap program C++ dan compiler akan menjalankan program melalui perintah-perintah yang terdapat dalam fungsi utama.

     Fungsi merupakan subprogram yang berguna untuk membentuk program menjadi modul-modul sehingga lebih sederhana, mudah dipahami dan dapat digunakan berulang kali. Pada bahasa pemrograman C++, fungsi dibedakan menjadi dua, yaitu user-defined function dan built-in function. User-defined function adalah fungsi-fungsi yang didefenisikan sendiri, sedangkan built-in function adalah fungsi-fungsi siap pakai yang telah disediakan oleh compiler.

     Pada pembahasan sebelumnya, kita baru menggunakan satu fungsi utama dalam program yaitu fungsi main(). Fungsi main merupakan fungsi dimana kode program dikendalikan. Selain fungsi utama, kita dapat membuat fungsi sendiri sesuai dengan kebutuhan program yang kita buat. Dengan membuat fungsi sendiri, maka program yang dibuat menjadi lebih sederhana. Tujuan pembuatan fungsi adalah :

  • Memudahkan dalam pembuatan program. 
  • Membentuk sebuah program beberapa bagian (fungsi) yang menjadi satu kesatuan. 
  • Menghemat ukuran program. 

2. Keuntungan memakai fungsi :


  • Menguraikan tugas pemrograman rumit menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana atau kecil. 
  • Mengurangi duplikasi kode (kode yang sama ditulis berulang-ulang) dalam program. 
  • Dapat menggunakan kode yang ditulis dalam berbagai program yang berbeda. 
  • Memecah program besar menjadi kecil sehingga dapat dikerjakan oleh programmer-programmer atau dipecah menjadi beberapa tahap sehingga mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek 
  • Menyembunyikan informasi dari user sehingga mencegah adanya perbuatan iseng seperti memodifikasi atau mengubah program yang kita buat 
  • Meningkatkan kemampuan pelacakan kesalahan, jika terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan tak perlu mencari kesalahan tersebut di seluruh program.


3. Void ( Fungi tanpa nilai balik ) Fungsi yang void sering disebut juga prosedur. Disebut void karena fungsi tersebut tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi tersebut. Ciri-ciri dari jenis fungsi Void adalah sebagai berikut:

  1. Tidak adanya keyword return. 
  2. Tidak adanya tipe data di dalam deklarasi fungsi. 
  3. Menggunakan keyword void. 
  4. Tidak dapat langsung ditampilkan hasilnya.
  5. Tidak memiliki nilai kembalian fungsi 
  6. Keyword void juga digunakan jika suatu function tidak mengandung suatu parameter apapun. 
  7. Void : void tampilkan_jml (int a, int b)

4. NonVoid (Fungsi dengan nilai balik) Fungsi non-void disebut juga function. Disebut non-void karena mengembalikan nilai kembalian yang berasal dari keluaran hasil proses function tersebut. Ciri-ciri dari jenis fungsi non void adalah sebagai berikut:


  1. Ada keyword return
  2. Ada tipe data yang mengawali fungsi
  3. Tidak ada keyword void
  4. Memiliki nilai kembalian .
  5. Dapat dianalogikan sebagai suatu variabel yang memiliki tipe data tertentu
  6. Sehingga dapat langsung ditampilkan hasilnya
  7. Non-void : int jumlah (int a, int b)


5. Fungsi Standar Bahasa C

     Pada bahasa C terdapat beberapa fungsi standar seperti misalnya main(), printf() dan getch() yang telah kita gunakan sebelumnya. Fungsi main() adalah fungsi yang mempunyai kedudukan sangat istimewa. Fungsi main() merupakan fungsi utama yang harus ada dalam setiap program bahasa C. Fungsi main() berisi rutin utama program yang akan dijalankan ketika program bahasa C kita eksekusi. Jadi semua kontrol alur proses program berada dalam fungsi main() ini. Selain fungsi main() ada fungsi standar bahasa C yang lain misalnya printf() dan getch(). Fungsi-fungsi tersebut mengerjakan tugas khusus jika dipanggil seperti misalnya fungsi printf() digunakan untuk menampilkan informasi teks pada layar dan fungsi getch() digunakan untuk membaca masukan dari tombol keyboard.

6. Membuat Fungsi Sendiri Dalam Bahasa C

     Selain dari fungsi-fungsi standar bahasa C tersebut diatas, kita juga bisa membuat fungsi sendiri dengan syarat tidak boleh sama dengan fungsi standar. Kita bisa membuat fungsi dengan nama yang kita tentukan sendiri serta proses dan parameter yang kita sesuaikan dengan kebutuhan kita tentunya. Sebuah fungsi yang umum biasanya memerlukan masukan yang disebut dengan argumen atau parameter. Data masukan ini selanjutnya diproses oleh fungsi dan dikeluarkan dalam bentuk nilai. 

     Pascal mempunyai beberapa fungsi standar, antara lain Abs, Sqrt, Exp, Ln dan lain-lain. Fungsi tersebut dikatakan standar karena memang sudah dibuat dan tersimpan di dalam Compiler FreePascal. 

     Pada saat diperlukan, programmer tinggal memanggil saja. Selain menyediakan Fungsi-fungsi standar, FreePascal memberi fasilitas kepada programmer untuk menciptakan fungsi sendiri, fungsi-fungsi ini disebut FUNGSI BUATAN (User Defined Function). Pada dasarnya, cara menciptakan suatu fungsi sama dengan cara membuat prosedur (yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya). Struktur keduanya sama, perbedaan antara prosedur dengan fungsi buatan hanya terletak pada sistem pertukaran data serta tata cara pemberian namanya saja. Seperti halnya fungsi standar, fungsi buatan dapat menerima beberapa data, tetapi hanya dapat menghasilkan satu keluaran (output) saja. Fungsi buatan diletakkan sesudah bagian deklarasi (konstanta, tipe variabel) tetapi sebelum blok program utama. Programmer dapat mendeklarasikan fungsi pada daerah yang sama dengan deklarasi prosedur.








Nama             : Rama Dani Ati’uloh
Asal Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto             : Cari Pengalaman